NIKAH SIRI

Februari 20, 2010 at 8:54 pm Tinggalkan komentar

Sebelum negara memasuki alam syariah Islam, nikah siri dipahami sebagai pernikahan yang, karena berbagai alasan, tidak dipestakan. Bisa karena tidak punya biaya, atau karena ada alasan lain. Ada juga yang menikah dengan cara demikian, karena misalnya, memang sengaja tidak ingin diketahui oleh ‘pihak-pihak berkepentingan’. Semisal pernikahan kedua dari seorang laki-laki yang sudah beristri.

Apakah secara syariah pernikahan siri itu tidak sah? Ternyata, pernikahan siri itu benar-benar sah. Sesuai dengan syariat Islam. Syarat dan rukun pernikahan terpenuhi, dan dengan demikian, pernikahan itu sah secara syariat.

Persoalan menjadi membingunkan ketika negara memasuki ruang syariat melalui pendekatan pemenuhan hak-hak sipil. Maka, sesuai dengan undang-undang, setiap perkawinan, kelahiran, dan kematian, harus dicatat pada sebuah dokumen catatan sipil.

Tatkala Indonesia menandatangani covenant hak-hak azasi manusia, telah banyak didiskusikan soal-soal seperti itu. Ketika itu dipahami bahwa negara itu harus mengakui hak-hak sipil, hak-hak politik, dan hak-hak sosial ekonomi masyarakat tanpa syarat. Dalam hal masyarakat telah memilik sebuah adat-istiadat yang masih berlaku efektif, maka segala perundangan yang dibuat oleh negara, tidak boleh menghalangi warga negara untuk menjalankan adat istiadat yang bersangkutan.

Begitu juga untuk urusan agama. Untuk hal-hal yang telah diatur secara spesifik oleh syariat sebuah agama, maka undang-undang negara tidak boleh menganulirnya. Justru dengan penandatanganan covenant hak-hak azasi manusia itu, negara harus memenuhi hak-hak sipil atas segala hal yang telah disahkan secara agama.

Salah satu yang telah diatur oleh agama, antara lain adalah nikah siri. Pernikahan ini adalah sah menurut syariah agama (Islam). Dan dengan demikian, negara dengan alasan apa pun juga, tidak boleh menghalangi pasangan itu untuk memperoleh pencatatan pernikahannya. Anak-anak yang lahir dari pasangan ini pun tidak boleh dihalangi untuk memperoleh catatan akta kelahiran.

Kini negara akan masuk lebih dalam ke dalam kehidupan agama orang-orang Islam, maka sesungguhnya perbuatan itu tidak sesuai dengan semangat dan prinsip hak-hak azasi manusia. Ketimbang melakukan kriminalisasi terhadap pelaku nikah siri (yang disahkan secara syariah Islam), lebih baik negara memikirkan bagaimana cara bijaksana untuk memenuhi hak warga negara (dalam hal ini adalah pelaku nikah siri dan keturunannya) untuk memperoleh segala atribut sipil sebagai seorang warga negara.

Bayangkan saja jika suatu ketika negara bikin undang-undang, misalnya, yang akan menghukum (secara pidana) seseorang yang berwudlu dengan air yang tercemar najis! Atau bayangkan jika negara akan menghukum orang-orang yang shalatnya tidak menghadap persis ke arah ka’bah! Apakah negara merasa pada tempatnya untuk membuat undang-undang seperti itu?

Jika negara memaksakan undang-undang seperti itu, maka sesungguhnya umat Islam perlu segera kembali ke Alquran dan Hadis. Sabda Rasulullah: Suatu ketika umat Islam akan menghadapi situasi yang amat sulit; sehingga agar mereka bisa tetap secara konsisten bisa menjalankan syariahNya, ia harus melakukannya sambil menggigit akar.

Agaknya, masa itu telah tiba. Dan jangan salahkan umat Islam jika karenanya tidak lagi menghargai negara! [Djuhendi Tadjudin]

Entry filed under: Opini, Renungan. Tags: , , , .

PANGGIL AKU MUKHTAR MENGAPA SAMPAH MENJIJIKKAN?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Februari 2010
S S R K J S M
« Sep   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: