SISA HASIL USAHA

April 18, 2009 at 10:37 pm Tinggalkan komentar

Dalam teks berjalan, pada satu televisi, baru-baru ini, disebutkan: PT Gudang Garam berhasil meraih keuntungan 1.8 triliun rupiah. Luar biasa besar. Pantas saja, perusahaan itu hampir membangun apa saja di Kediri. Puluhan ribu, atau mungkin juga ratusan ribu, buruh bergantung pada perusahaan itu.

Seandainya di setiap tiga kabupaten, ada perusahaan seperti itu, niscaya negeri ini akan cepat menjadi kaya. Tentu saja dengan asumsi, segala pajak mengalir beres ke kas negera, dan segala keuntungannya mengalir kembali menjadi investasi-investasi dalam negeri.

Tidak kurang sedikit pun rasa hormat saya kepada perusahaan besar tadi. Saya malah berdoa, biarkan negeri ini dipenuhi perusahaan seperti itu. Semoga Direksi menjalankan tugas dengan baik. Pemilik perusahaan juga diberikan hati yang penuh kepedulian pada negeri ini. Dan saya ajak juga kawan-kawan mendoakan: Biarkan perusahaan seperti itu benar-benar membuat negeri ini sejahtera dan tidak bergantung pada hutang-hutang luar negeri.

Namun suatu ketika saya jalan-jalan ke Samarinda. Di sana ada koperasi dengan nilai Sisa Hasil Usaha mencapai 1.4 miliar rupiah. Di Perigi, sebuah dusun di tepian laut di selatan Trenggalek, juga ada koperasi, dengan Sisa Hasil Usaha lebih dari 1.4 miliar rupiah.

Kini, berapa kira-kira asset ketiga entitas usaha itu. Nilai pastinya, tentu saja harus dicek secara lebih seksama. Tapi kira-kira, asset PT Gudang Garam pasti jauh di atas kedua koperasi tadi, mungkin sejuta kali lipat dibanding asset koperasi. Namun nilai labanya cuma seribu kali lipat kedua koperasi itu.

Ini sebuah renungan bagi pemimpin bangsa. Juga pengelola bank. Ternyata koperasi-koperasi kita bisa amat jago mengakumulasi keuntungan. Artinya, jika kedua koperasi itu punya asset seribu kali lipat assetnya sekarang (tidak harus sejuta kali lipat), maka labanya bisa mencapai 1.4 triliun. Jika assetnya sejuta kali lipatnya, ekuivalen dengan asset PT Gudang Garam, maka akan betaburan koperasi dengan kinerja hampir seribu kali lipat PT Gudang Garam.

Luar biasa! Tapi, jangan buru-buru terpesona. Tenang saja seperti biasa. Itu kan hanya kalkulasi simplistik dari data empirik.

Biarkan saja. Jangan buru-buru urus koperasi dan usaha kecil. Toh koperasi-koperasi itu bisa mengurus dirinya sendiri. [Djuhendi Tadjudin, posting pertama kali tanggal 2 April 2009 dalam Facebook].

Entry filed under: Inspirasi, Opini, Perubahan. Tags: , , , , , , , , .

TEMU BISNIS RUMPUT LAUT TEMU BISNIS SEMARANG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: